TENTANG RPS OBE

 


Rancangan Pembelajaran Semester (RPS) merupakan rencana kegiatan dalam proses pembelajaran mencakup capaian pembelajaran lulusan, cara mencapai tujuan belajar melalui metode dan strategi pembelajaran, dan cara menilai ketercapaian capaian pembelajaran, serta disusun dan dilaksanakan oleh dosen dan/atau tim dosen pengampu dalam koordinasi Unit Pengelola Program Studi (UPPS). RPS dibuat sebagai panduan dan pedoman bagi dosen dalam melaksanakan proses pembelajaran sehingga capaian pembelajaran yang diharapkan dapat dicapai sehingga mampu menghasilan lulusan yang sesuai dengan profil lulusan yang ditetapkan oleh Prodi.

Pembelajaran berorientasi luaran atau Outcome Based Education (OBE) merupakan metode pembelajaran yang memiliki fokus pada luaran atau capaian pembelajaran. OBE adalah proses pendidikan yang berfokus pada mencapai hasil capaian yang ditentukan (pengetahuan, kemampuan dan perilaku yang berorientasi pada hasil). OBE adalah proses yang melibatkan restrukturisasi kurikulum, penilaian dan praktik pelaporan di pendidikan untuk mencerminkan pencapaian yang tinggi dalam pembelajaran dan penguasaan daripada akumulasi kredit mata kuliah. Kurikulum pendidikan tinggi yang telah dikembangkan berdasarkan SN Dikti saat ini sesungguhnya telah menggunakan paradigma OBE dimana dalam pengembangan, pelaksanaan, dan evaluasinya memiliki landasan pada capaian pembelajaran lulusan (CPL). Namun pada prinsipnya, OBE mampu memastikan keselarasan konstruktif antara profil lulusan, CPL, capaian pembelajaran mata kuliah, metode pembelajaran, dan metode asesmen.

Rencana Pembelajaran Semester (RPS) berbasis Outcome-Based Education (OBE) adalah dokumen perencanaan pembelajaran yang dirancang untuk mencapai hasil belajar yang spesifik dan terukur. Langkah dalam menyusun RPS berbasis OBE terdiri dari: Penentuan Hasil Belajar (Learning Outcomes/LO) dimana penentuan hasil belaar yang ingin dicapai pada akhir semestes dan mengkategorikan hasil belajar berdasarkan domain kognitif, afektif dan psikomotor. Desain Matakuliah dimana dijabarkan secara singkat tentang matakuliah, tujuan dan relevansinya. Bahan Kajian dan materi pembelajaran dimana menetukan topik dan subtopik yang dibahas setiap minggu, mengidentifikasi bahan bacaan, buku teks artikel dan lainnya.

Strategi pembelajaran dimana menentukan metode pengajaran untuk mencapai hasil belajar seperti kuliah, diskusi kelompok, studi kasus, pembelajaran berbasis proyek dan simulas. Selain itu juga merinci kegiatan pembelajaran untuk setiap pertemuan seperti tugas, presentasi atau eksperimen. Penilaian dan evaluasi dimana ditentukan instrumen penilaian yang digunakan seperti kuis, tugas proyek, ujian, presentasi dan partisipasi kelas dengan sistem penilaian yang terukur disertai kriteria penilaian dan bobot. Jadwal pembelajaran yang memuat rencana pembelajaran berupa topik yang dibaha, kegiatan pembelajaran dan penilaian. Sumber belajar yang memuat referensi utama dan referensi tambahan. Umpan balik dan perbaikan yang menjelaskan tentang mekanisme umpan balik dan perbaikan berkelanjutan dari matakuliah.

RPS berbasis OBE dirancang untuk memastikan bahwa semua kegiatan pembelajaran dan penilaian berfokus pada pencapaian hasil belajar yang telah ditentukan. Dengan perencanaan kegiatan pembelajaran yang baik OBE dapat meningkatkan kualitas pendidikan dan relevansi kurikulum terhadap kebutuhan siswa dan industri.